Minggu, 25 November 2012

Hukum dan Faidah mempelajari Bahasa Arab


Hukum dan Faidah mempelajari Bahasa Arab

Seperti yang kita ketahui, Al Qur’an di turunkan dengan bahasa Arab. Dan Nabi kita Muhammad r menjelaskannya dan berbicara memakai bahasa Arab. Sedangkan kita bisa mengetahui hukum-hukum syariat hanya melalui penjelasan Nabi kita Muhammad r , dari para sahabat beliau ridhwanulloh ‘alaihim, yang kesemuanya memakai bahasa arab. Bahkan para ulamapun menjelaskannya di dalam kitab-kitab mereka memakai bahasa arab juga. Jadi, dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa belajar bahasa arab adalah wajib hukumnya bagi ummat ini. Karena wajib bagi kita untuk mengetahui hukum-hukum syariat, dan hal itu tidak akan bisa kecuali dengan mempelajari bahasa arab. Sebagaimana kaidah fiqhiyyah :

الوَسَائِلُ لَهَا أَحْكَامُ الْمَقَاصِدِ
Washilah/ sarana itu memiliki hukum sebagaimana tujuannya.
Apabila tidak ada yang mempelajarinya, sedangkan kita butuh akan hal itu, maka hukumnya menjadi fardhu ‘ain.

Dan hukum mempelajarinya bisa menjadi bermacam-macam sesuai tujuan kita untuk apa kita mempelajarinya. Apabila kita mempelajarinya hanya untuk kepentingan sendiri, supaya kita bisa memalsukan hadits dan menafsirkan hadits sesuai kepentingan sendiri atau golongan, maka hukum mempelajarinya menjadi haram.

Demikianlah…

Marilah kita menyemangati diri kita untuk mempelajari bahasa Arab. Bahasa yang dicintai oleh Alloh dan RosulNya r.

اِحْرِصْ عَلَى مَا يَنْفَعُكَ وَ اسْتَعِنْ بِاللهِ وَ لَا تَعْجَزْ
“ Bersemangatlah terhadap apa-apa yang bermanfaat bagimu dan minta tolonglah kepada Alloh dan janganlah merasa lemah/ putus asa ”.

Berkata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rohimahulloh : “ Bahasa Arab itu termasuk dari agama, sedangkan mempelajarinya adalah wajib, karena memahami Al Qur’an dan As Sunnah itu wajib. Dan tidaklah seseorang bisa memahami al Qur’an dan as Sunnah kecuali dengan bahasa Arab”. (Iqtidho, ibnu Taimiyyah 1/527)

Semoga Alloh memudahkan kita dalam mempelajari bahasa arab. Karena banyak sekali teman-teman saya yang merasa bahasa arab itu khususnya nahwunya sangatlah sulit, seperti ilmu kimia saja. Tapi bagi saya, ilmu nahwu itu sangat menyenangkan sekali. Asalkan kita suka dulu saja sama ilmunya ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar