Jumat, 03 Januari 2014

Jawaban "Ngglonoh"

Jawaban “ngglonoh”

Ketika menjawab pertanyaan teman, sering kita menjawabnya dengan “ngglonoh” dengan maksud sekedar bercanda. Tapi yang mau saya ceritakan di sini bukan hal seperti itu. Saya pernah menjawab pertanyaan sewaktu imtihan (baca: test / ujian ) dengan jawaban yang “ngglonoh”. Yang sampai sekarang hanya menjadi penyesalan yang berkepanjangan jika saya mengingatnya.

Yaitu pada saat ujian mata pelajaran tazkiyatun nufus dengan ustadz pembimbing al ustadz abu Hammad, semoga Alloh menjaga beliau. Waktu itu ada satu nomer yang saya nggak tahu jawabannya. “Sebutkan atsar salaf tentang istighfar!”.
Sebuah tulisan yang pernah saya baca langsung muncul. Yaitu perkataan ‘Ali ibn Abi Tholib. Tapi…saya tidak membacanya sama sekali. Cuma yang saya ingat di halaman kedua dari bab itu ada perkataan ‘Aliy ibn abi Tholib, Cuma perkataannya apa saya tidak membacanya. Karena saya kalau belajar itu Cuma meringkas yang penting-penting saja, yang menurut feeling saya akan keluar. Jadi waktu mau imtihan, malamnya saya Cuma belajar buku ringkasan saja, gak pake buka lagi kitab rujukan. Jadi otomatis saya gak bisa jawab tu soal karena memang tidak ada di buku ringkasan saya. Masak iya saya mau ngawur membuat sebuah ucapan kemudian saya sandarkan ke seorang sahabat mulia ‘Aliy bin abi tholib??? Nggak banget kan?? Apalagi saya sudah kelas akhir, masak iya jawab ngawur kayak gitu?? Kan dosa tuh, namanya berbohong atas nama sahabat, pake sengaja lagi…

Jiaacchh..galau kuadrat dech gak bisa jawab tu soal, masih saya biarin kosong. Kalau gak salah itu soal nomer 4. Cuma saya pandangin saja sambil melihat teman-teman yang juga galau mikir jawaban imtihan.

Mau saya jawab “wallohu a’lam” apalagi kan emank itu yang menjadi pilihan tholibil ilmi dalam menjawab soal yang tak bisa ia jawab. Lumayan dapat setengah nilai…

Tapi entah syaithan mana yang tiba-tiba membuatku punya ide untuk menjawabnya secara “ngglonoh”. Waktu itu dalam hati saya berkata: “hehee…sesekali ngglonoh akh, pasti entar ustadznya juga senyum-senyum sendiri baca jawabanku”

akhirnya dengan senyum-senyum iseng aku jawab dengan perkataan Nabi Muhammad shallallohu ‘alaihi wa sallam :
((  وَ اللهِ لَأسْتَغْفِر اللهَ وَ أتُوب إليه في اليَوم أكْثَر مِن سبْعِين مرَّة ))
Terus saya tambahin di sebelahnya :
 ( هذا كلام النبي صلى الله عليه و سلم, لان النبي هو خير السلف علينا )

Waktu nulisnya mah seneng-seneng aja,,,tapi setelah selesai dan sudah terlanjur dikumpulkan…uuukhh..nyesel banget…
baru pertama itu saya jawab soal dengan “ngglonoh”. Nggak “ngglonoh” gimana coba, udah jelas-jelas yang ditanyakan itu adalah atsar salaf, bukan sunnah Nabi, tapi malah dengan “ngglonoh” aku jawab pake perkataan Nabi. Terus takut juga kena marah ma ustadznya, masak iya saya yang biasanya juara satu malah jawab soal seenak diri sendiri?? Bener-bener keterlaluan dech.. Harusnya saya dihukum, kalo mau juga yang nomer 4 itu dikasih nilai nol saja.

Tapi,,waktu hasil imtihannya dibagikan..kaget banget, loch kok bisa aku dapet nilai tertinggi lagi..?? Langsung saya lihat point untuk nomer 4. Tuing..gak dapat sempurna sich pointnya. Tapi masak iya dikasih point nilai 3 buat jawaban no.4… waaahh…gak bener nich..harusnya dikasih nilai nol and dikasih peringatan pake tinta merah “jawab yang bener, jangan ngglonoh!”

Tapi nyatanya tak saya dapati tulisan seperti itu..
“hiks..ustadz,,,kenapa nilai saya tetap bagus,,,? Harusnya kan salah besar jawaban saya untuk nomer 4.. :’( ”

Hmmm…kalau teman-teman mah bilangnya “ya udah. Kalo gak mau tukeran aja nilainya. Gak bersyukur, dikasih bagus juga”.

bukannya nggak bersyukur…tapi saya sedih…kenapa aku jawabnya “ngglonoh” banget…habis itu e..malah dapat nilai juga… nyesel banget dech… :’(

Tidak ada komentar:

Posting Komentar